Mitra  

Disdukcapil Mitra Raih Nilai Tertinggi se-Sulut pada Penilaian Kinerja Semester I 2025

Piether Owu. (ist)

NPM, Mitra – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil)Mitra kembali mencatat prestasi membanggakan.

Berdasarkan Surat Keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor 800.1.4.4–2651 Dukcapil Tahun 2025, instansi ini meraih predikat “Baik” dengan nilai kinerja 87,89, tertinggi di Provinsi Sulawesi Utara pada penilaian Semester I Tahun 2025.

Hasil tersebut diumumkan Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri (Ditjen Dukcapil Kemendagri) kepada seluruh provinsi, kabupaten, dan kota di Indonesia.

Penilaian ini menjadi instrumen evaluasi pelayanan publik sekaligus dasar pertimbangan dalam pengangkatan maupun pemberhentian pejabat pimpinan tinggi pratama di lingkungan Dukcapil.

Kepala Disdukcapil Minahasa Tenggara, Drs. Piether Owu, ME, menyatakan capaian itu lahir dari kerja kolektif.

“Kesuksesan ini bukan semata-mata pencapaian pribadi, tetapi buah kerja sama tim yang solid. Fokus utama kami tetap pada pelayanan terbaik bagi masyarakat,” ujar Owu, Senin (29/9/25).

Disdukcapil Mitra konsisten mempertahankan kinerja. Pada Semester II Tahun 2024, instansi ini juga meraih peringkat pertama di Sulawesi Utara.

“Capaian beruntun ini adalah bukti komitmen dan profesionalisme jajaran kami,” tambah Owu.

Menurutnya, keberhasilan itu tak lepas dari dukungan Bupati Minahasa Tenggara Ronald Kandoli dan Wakil Bupati Fredy Tuda.

“Arahan dan motivasi dari pimpinan daerah menjadi dorongan besar untuk terus bekerja maksimal,” katanya.

Dengan slogan “Sinergi, Berintegritas, Petarung” serta motto “Melayani dan membahagiakan masyarakat dengan Cepat, Tepat, dan Rp0,-”, Disdukcapil Mitra menegaskan komitmen menghadirkan pelayanan cepat, transparan, dan bebas biaya.

Owu berharap pencapaian ini menjadi pemicu semangat baru.

“Masyarakat harus merasakan langsung manfaat dari setiap upaya yang kami lakukan. Semoga ini menjadi motivasi berkelanjutan bagi kami untuk terus hadir sebagai pelayan masyarakat yang profesional, humanis, dan berintegritas,” ujarnya.

Keberhasilan Disdukcapil Mitra dinilai ikut mengangkat reputasi Kabupaten Minahasa Tenggara di tingkat provinsi maupun nasional.

Sekaligus menjadi contoh bahwa pelayanan publik berkualitas dapat dicapai melalui komitmen, sinergi dan kepemimpinan yang berorientasi pada masyarakat.

”Tak kalah penting fokus utama pada target kinerja yang di tetapkan kementerian dalam negeri RI serta inovasi pelayanan kepada masyarakat,” kata Owu. (vdn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *