Grab Persingkat Masa Tenggang Waktu Tunggu dan Pembatalan

Seorang wanita berdiri di luar kantor transportasi Grab di Singapura. (foto: afp)

NPM, ID – Waktu tunggu tenggang dan periode pembatalan untuk perjalanan yang dipesan di platform berbagi perjalanan Grab akan dipersingkat dari lima menjadi tiga menit mulai 18 Juli 2022.

Perusahaan grab mengumumkan hal tersebut mulai Senin, (11/7).

Pengguna akan secara otomatis dikenai biaya tunggu sebesar S$3 per blok tunggu lima menit jika mereka membuat pengemudi menunggu lebih dari tiga menit.

Biaya S$4 berlaku jika penumpang membatalkan pemesanan lebih dari tiga menit setelah menerimanya.

“Anda dianjurkan untuk memesan perjalanan hanya jika sudah siap untuk memastikan Anda memiliki cukup waktu untuk mencapai titik penjemputan Anda,” kata Grab.

Menurut situs web perusahaan, kebijakan biaya tunggu telah berlaku sejak Desember 2016 untuk memastikan bahwa pengemudi “dikompensasikan dengan benar untuk waktu tambahan yang dihabiskan menunggu penumpang yang telah melebihi masa tunggu tenggang mereka”.

Awalnya, pengemudi Grab harus secara manual melacak jumlah waktu yang mereka tunggu dan menambahkan biaya ketika masa tenggang terlampaui.

Ini otomatis pada Januari 2020. Perusahaan mengatakan prosesnya “membosankan”, dan menambahkan bahwa menambahkan biaya secara otomatis memungkinkan untuk memastikan bahwa pelacakan waktu tunggu “lebih akurat untuk penumpang”.

“Ini juga mengurangi jumlah upaya yang harus dilakukan pengemudi, memungkinkan mereka untuk fokus membawa penumpang ke tujuan mereka dengan aman,” katanya.

Penumpang juga menerima konfirmasi tentang waktu tunggu tenggang yang tersisa melalui notifikasi aplikasi telepon.

Pengguna Gojek dikenakan biaya pembatalan sebesar S$4 jika membatalkan lima menit setelah dijodohkan dengan pengemudi, atau jika membatalkan segera setelah pengemudi tiba di lokasi penjemputan.

Mereka juga dapat dikenakan biaya jika mereka tidak berada di titik penjemputan dalam waktu lima menit setelah pengemudi menggesekkan “Saya telah tiba” dan pengemudi membatalkan pemesanan.

Sementara itu, Ryde membebankan biaya pembatalan sebesar S$5,30 jika penumpang membatalkan empat menit setelah memesan tumpangan.

Pengemudi Ryde juga dapat membebankan biaya waktu tunggu sebesar S$5,30 jika pengguna tidak berada di titik penjemputan empat menit setelah pengemudi menekan “I’m Here” pada aplikasi, terlepas dari apakah perjalanan selesai atau tidak. (cna)

 

Editor: Donny Piri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *