NPM, Manado – PT Asuransi Jiwa Sinarmas MSIG Tbk (Sinarmas MSIG Life) membayar total klaim dan manfaat asuransi sebesar lebih dari Rp 1,3 triliun.
Kebijakan Sinarmas MSIG Life sejalan dengan komitmen menjadi Trusted Partner for Life bagi keluarga Indonesia.
Klaim itu dibayarkan sepanjang semester 1 2023. Dari Rp 1,3 triliun, sebagian besar dibayarkan untuk manfaat dan penebusan unit dari Produk Asuransi yang dikaitkan dengan Investasi (PAYDI).
Sementara lebih dari Rp 273 miliar dibayarkan untuk klaim kesehatan, penyakit kritis dan meninggal dunia untuk nasabah individu dan kumpulan.
Head of Customer and Marketing Sinarmas MSIG Life, Lukman Auliadi menjelaskan, pembayaran klaim merupakan perwujudan komitmen perusahaan dalam melindungi nasabah saat risiko terjadi di waktu yang tidak terduga.
“Dengan demikian, kepercayaan masyarakat terhadap asuransi jiwa untuk perencanaan keuangan juga semakin meningkat,” ujar Lukman, Sabtu (02/9/2023).
Sepanjang Januari hingga Juni 2023, lima pembayaran manfaat terbesar diberikan kepada nasabah individu Sinarmas MSIG Life atas sejumlah penyakit yang sangat beragam.
Di antaranya diare, demam typhoid, radang usus buntu, demam berdarah dengue dan juga Covid-19.
Pada Nasabah kumpulan, lima pembayaran manfaat terbesar diberikan atas infeksi saluran pernafasan akut, faringitis akut, diare, demam dan inflamasi akut saluran napas atas (selesma).
Kondisi penurunan kualitas udara di Jakarta dan sekitarnya juga mempengaruhi klaim terkait Infeksi Saluran Pernapasan Akut atau ISPA.
Terjadi lonjakan dua kali lipat kasus di kuartal kedua jika dibandingkan dengan kuartal sebelumnya.
Total terdapat lebih dari 12.000 kasus dari Januari hingga Juni 2023, dengan jumlah nominal klaim naik hingga 54 persen untuk total polis individu dan kumpulan.
Kata Lukman lagi, dari laporan klaim kesehatan selama semester satu ini, memberi pelajaran agar masyarakat makin waspada dengan risiko kesehatan di sekitar.
Hal yang bisa dilakukan yaknipengecekan ke tenaga medis profesional atau rumah sakit terdekat sehingga penyakit bisa ditangani segera.
“Selain itu persiapkan perlindungan finansial yang sesuai kebutuhan agar dapat diandalkan ketika risiko terjadi,” tambah Lukman.
Sinarmas MSIG Life telah melindungi masyarakat Indonesia selama lebih dari dari 37 tahun dan saat ini melayani lebih dari 1,3 juta nasabah individu maupun kumpulan.
Perusahaan senantiasa menghadirkan berbagai inovasi mulai dari produk hingga layanan digital untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang kian beragam.
Tahun ini, perusahaan meluncurkan situ myhealthriskscore.com yang dapat digunakan oleh siapa saja untuk memprediksi risiko kesehatan di masa depan dalam 3 menit dengan menjawab 13 kuesioner sederhana.
Sementara untuk layanan digital Nasabah, perusahaan menyediakan aplikasi VEGA by Sinarmas MSIG Life yang berfungsi untuk mengakses informasi polis, melakukan pembayaran premi top-up, melakukan transaksi finansial hingga mengajukan klaim.
Seluruh inovasi yang dihadirkan ini memperkuat posisi Sinarmas MSIG Life sebagai pilihan solusi perlindungan kesehatan dan kesejahteraan yang mampu memberi ketenangan pikiran di tengah keluarga. (*/red)