Pasca Bentrok, Jalur Masuk dan Keluar Kota Bitung Diperketat

Ferry Sangian. (foto dok)

NPM, Manado – Pasca terjadinya tawuran yang terjadi di kota Bitung Sabtu (25/11/2023) malam, Kepala Badan Kesbangpol Provinsi Sulut mengajak seluruh masyarakat agar tidak terprovokasi.

“Kami sudah mengerahkan bagian keamanan termasuk dari Badan Inteligen Negara (BIN) untuk memperketat akses masuk maupun keluar dari daerah bitung,” ujar Kaban Kesbangpol Ferry Sangian saat dikonfirmasi melalui WhatsApp.

Perlu diketahui, sebelumnya beredar kabar bahwa penyebab bentrok terjadi akibat kegiatan yang berlangsung secara bersamaan.

Terkait kegiatan aksi bela Palestina yang bertepatan dengan kegiatannya Waraney bukan menjadi penyebab bentrok yang terjadi.

“Saya menghimbau kepada seluruh LSM dan Ormas yang ada Disulut tidak terprovokasi,“ tegas Ferry Sangian.

Untuk kegiatan HUT Makatana Minahasa yang ke-12 tertanggal 7 November 2023 dan surat masuk pada kesbangpol 13 November 2023.

Untuk melakukan pawai tanggal 25 November 2023 sudah disetujui oleh kesbangpol.

Sedangkan BSM (Barisan Solidaritas Muslim) ini yang notabennya sebagai penyelenggara aksi bela palestina, baru memasukan surat permohonan izin kepada kesbangpol tertanggal 13 November 2023 dan surat tersebut masuk kepada kesbangpol 15 November 2023.

Dengan pengajuan hari dan tanggal yang sama dengan makatana yakni tanggal 25 November 2023.

“Kesbangpol menyarankan untuk memajukan atau memundurkan tanggal kegiatan aksi bela palestina. Karena ditakutkan akan terjadi sesuatu yang tidak di inginkan seperti apa yang terjadi hari ini,“ tutup Informan yang namanya enggan disebutkan. (ras/*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *