Minsel  

Begini Strategi Pemasaran Produk Pariwisata Minahasa Selatan

Staf khusus gubernur bidang pariwisata Dr Drevy Malalantang saat mempresentasikan strategi pemasaran produk pariwisata di Minsel. (ist)

NPM, Minsel – Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) memiliki potensi pariwisata yang sangat kaya dan beragam, mulai dari wisata alam, bahari, budaya hingga kuliner.

Letaknya yang strategis di pesisir dan pegunungan membuat Minsel menjadi destinasi unggulan di Sulawesi Utara.

Guna mendukung dan memperkuat sektor pariwisata daerah, Staf khusus Gubernur Bidang Pariwisata, Dr Drevy Malalantang hadir sebagai narasumber pada kegiatan bertajuk “Strategi Pemasaran Produk Pariwisata”.

Kegiatan yang diselenggarakan Dinas Pariwisata Kabupaten Minahasa Selatan dan diikuti para pengelola desa wisata di wilayah tersebut.

Malalantang menjelaskan bahwa produk pariwisata tidak sekadar objek atau layanan, tetapi merupakan pengalaman menyeluruh yang mencakup atraksi wisata, akomodasi, transportasi, kuliner, budaya hingga pelayanan.

Ia menekankan pentingnya pendekatan experiential marketing. Di mana, keberhasilan promosi destinasi bergantung pada kesan emosional dan kepuasan wisatawan.

“Pemasaran yang efektif tidak hanya menjual tempat, tetapi menjual cerita, pengalaman, dan nilai yang dirasakan langsung oleh wisatawan,” ujar Drevy dalam presentasinya.

Ia juga memperkenalkan pendekatan pemasaran terkini seperti pemanfaatan big data dan AI untuk personalisasi, penggunaan konten video pendek di media sosial, pengaruh influencer, serta pentingnya keberlanjutan dalam pariwisata.

Strategi pemasaran modern disebutnya harus mampu membangun citra destinasi melalui storytelling, teknologi digital, dan keterlibatan aktif masyarakat lokal.

Materi yang disampaikan mencakup strategi bauran pemasaran (10P), sampai bagaiman menentukan segmentasi pasar, branding destinasi.

Kemudian pentingnya kolaborasi pemangku kepentingan dalam mengembangkan pariwisata berkelanjutan, sebagaimana Visi Misi Gubernur Sulawesi Utara.

Kegiatan ini menjadi momentum penting untuk meningkatkan kapasitas pengelola produk wisata.

Lebih siap bersaing dan menarik minat wisatawan dengan strategi pemasaran yang tepat, kreatif dan adaptif terhadap tren global.

“Harapan pemerintah produk pariwisata yang dikembangkan secara profesional, Minsel akan menghasilkan produk wisata yang kreatif, unik, dan berbasis potensi lokal, seperti Wisata alam, budaya, wisata kuliner khas,” terangnya.

“Sehingga kedepan Minsel mampu bersaing menjadi destinasi unggul di Sulawesi Utara maupun Indonesia,” tuntasnya. (don)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *