26 September, Gojek Persingkat Masa Tenggang Pembatalan

Gojek Singapura

NPM – Gojek akan mempersingkat masa tenggang untuk pembatalan menjadi empat menit dan memperkenalkan struktur biaya tunggu mulai 26 September.

Gojek mengikuti langkah serupa oleh Grab pada Juli lalu.

Saat ini, pengguna Gojek dikenai biaya S$4 jika membatalkan lima menit setelah dijodohkan dengan pengemudi, atau jika membatalkan segera setelah pengemudi tiba di lokasi penjemputan.

Mulai 26 September, masa tenggang untuk pembatalan akan dikurangi menjadi empat menit.

Biaya tunggu pertama sebesar S$3 akan dikenakan jika pengemudi telah menunggu di titik penjemputan selama lebih dari empat menit.

Penumpang akan dikenakan biaya lagi sebesar S$3 untuk setiap lima menit tambahan yang harus menunggu pengemudi setelahnya. Ini akan dibatasi pada S$9 – yaitu, setelah menunggu selama 19 menit.

Pihak Gojek menginformasikan biaya tersebut akan membantu memastikan pengalaman yang lancar bagi semua pengguna di platformnya, termasuk pengemudi.

“Dengan cara ini, mereka mendapat kompensasi atas waktu dan usaha mereka juga,” kata Gojek.

“Untuk menghindari biaya menunggu, pastikan untuk memesan hanya saat Anda siap berangkat, dan berada di lokasi penjemputan dalam waktu empat menit sejak pengemudi Anda tiba.”

Biaya tersebut berlaku untuk semua perjalanan di platform Gojek – GoCar, GoCar XL dan GoCar Premium. Mereka tidak dapat diimbangi atau dibayar dengan voucher.

Gojek mengatakan penumpang dapat meminta peninjauan jika mereka salah dikenakan biaya pembatalan atau menunggu.

Sedangkan untuk pengemudi, mereka dapat membatalkan tanpa penalti hanya setelah empat menit menunggu di titik penjemputan. “Aplikasi akan segera membantu Anda menemukan driver baru jika perjalanan Anda dibatalkan,” kata Gojek.

Grab mengumumkan pada bulan Juli bahwa waktu tunggu tenggang dan periode pembatalan untuk perjalanan yang dipesan di platformnya akan dipersingkat dari lima menjadi tiga menit mulai 18 Juli.

Biaya S$4 berlaku jika penumpang membatalkan pemesanan lebih dari tiga menit setelah menerimanya.

Pengguna akan secara otomatis dikenai biaya tunggu sebesar S$3 per blok tunggu lima menit jika mereka membuat pengemudi menunggu lebih dari tiga menit.

Menurut situs web perusahaan, kebijakan biaya tunggu telah berlaku sejak Desember 2016 untuk memastikan bahwa pengemudi “dikompensasikan dengan benar untuk waktu tambahan yang dihabiskan menunggu penumpang yang telah melebihi masa tunggu tenggang mereka”.

“Anda dianjurkan untuk memesan perjalanan hanya jika sudah siap untuk memastikan Anda memiliki cukup waktu untuk mencapai titik penjemputan Anda,” kata Grab dalam email kepada pelanggan saat itu.

Ryde membebankan biaya pembatalan sebesar S$5,30 jika penumpang membatalkan empat menit setelah memesan tumpangan.

Pengemudi Ryde juga dapat membebankan biaya waktu tunggu sebesar S$5,30 jika pengguna tidak berada di titik penjemputan empat menit setelah pengemudi menekan “I’m Here” pada aplikasi, terlepas dari apakah perjalanan telah selesai. (*/don)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *