NPM, Manado – Hotel adalah suatu perusahaan yang dikelola oleh pemiliknya dengan menyediakan pelayanan makanan, minuman, dan fasilitas kamar untuk tidur kepada orang-orang yang melakukan perjalanan dan mampu membayar jumlah yang wajar sesuai dengan pelayanan yang diterima tanpa adanya perjanjian khusus.
Hal ini menarik perhatian Friday Nim Junior Kaparang mahasiswa Jurusan Pariwisata
Program Studi Sarjana Terapan Perhotelan,
pada tahun 2023, dalam judul skripsi yang berjudul “Analisis Penerapan SOP dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan jurusan Pariwisata, Waiter/Waitress di Square Restaurant Novotel Bali Ngurah Rai Airport”, yang dibimbing, Radjab Djamali SE MSi selaku Dosen Pembimbing I dan Rudy A.J. Wowiling SE MSi, selaku Dosen Pembimbing II.
F&B Service departemen sangat berperan penting dalam menunjang pendapatan hotel. Semua staf yang ada di departemen ini harus memiliki kinerja yang baik dalam melayani tamu karena kualitas pelayanan dapat mempengaruhi jumlah tamu yang akan datang ke hotel.
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh Waiter/Waitress terhadap penerapan SOP di Novotel Bali Ngurah Rai Airport dan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kualitas pelayanan saat menerapkan SOP di Novotel Bali Ngurah Rai Airport.

Metode yang digunakan peneliti adalah metode deskriptif kualitatif. Deskriptif yaitu suatu rumusan masalah memandu penelitian untuk mengeksplorasi atau memotret situasi sosial yang akan diteliti secara menyeluruh, luas dan mendalam.
Kualitas pelayanan yang diberikan seorang waiter/waitress sangat berpengaruh sehingga sebuah pelayanan dan penerapan SOP yang baik sangat dibutuhkan.
Oleh karena hal itu akan memberikan kesan yang mendalam bagi setiap tamu yang datang ke restoran.
Dengan begitu besar kemungkinan tamu akan kembali lagi ke hotel tersebut. Untuk itu berbagai upaya yang digunakan oleh berbagai hotel untuk menunjang hal tersebut.
Hasil dari penelitian ini memberikan kesimpulan bahwa, kualitas pelayanan seorang waiter/waitress sangat berpengaruh pada kepuasan pelanggan.
Untuk itu setiap pelayanan yang diberikan seorang waiter/waitress harus diperhatikan.
Dalam mewujudkan pelayanan terbaik, pihak manajemen maupun karyawan perlu memahami SOP yang ada dan menjaga kualitas produk agar tamu merasa puas.
Saran yang diberikan antara lain adalah meningkatkan inisiatif dalam memberikan respon cepat, berkomunikasi baik dengan sesama karyawan maupun para tamu.
Meningkatkan kebersihan serta kebersihan restoran, dan memberikan pelatihan mengenai penerapan SOP yang baik dan benar. (*/red)